Mancing Ikan

October 18, 2013



ilustrasi
Pada kesempatan libur idhul adha ini, ane ma adik- adik ngumpul di rumah banyak aja hal asyik yang bisa dikerjakan pagi ini selepas beres rumah, nanam bunga, kemudian mancing kayak ngak ada kerjaan aja yeah, ngak kok banyak hikmah yang bisa diambil dari mancing ikan ini. Baik dari ikannya maupun dari yang mancing ikannya.
Sebelum masuk kepada ke tiga aspek penilaian diatas sedikit ane kasih trik- trik dalam memancing dulu yah. Pertama siapkan pancingan ente, pastikan ada umpannya kalau ana lihat

yang digunakan oleh pemancing sekarang cacing tanah. Yang paling utamanya ada ikan yang di pancing pada kali ini ikan yang di pancing di Kolam ikan, mancing ikan banyak tempatnya, di sungai di danau, di laut, di sawah, di kolam rumah tetangga juga boleh asal ada izinnya yah,, dan hasilnya jangan bawa pulang semua. Nah untuk pemancing jangan jadikan sebagai ajang cari ikan sebanyak- banyaknya bagusnya jadi hobby, apalagi kalau yang baca mau ikut lomba mancing. Banyak- banyak sabar yah apalagi yang mancing belum bisa meurai mantra dari nenek moyang Minangkabau
“ Takilek ikan dalam Tabek, lah jaleh jantan jo batino”
Sekarang masuk ke inti pembicaraan kita yah, pada sesi mancing kali ini  09.00 Wib, senin 14 Oktober 2013, sehari sebelum hari raya Idhul Adha ni, rencananya ni ikan untuk berbuka nanti, hari ini puasa sunat padang arafah ni, ada juga pendapat karena kita ndak korban sapi ikan aja di korbanin deh,,,,waha,,,,ha,,,,, banyak komen keluar kalau masalah ini, gimana pendapat pembaca ni? Korban ikan.
Disini ada empat partisipan ni dalam memancing semua kaum hawa kaum adamnya jadwal mancingnya biasanya siap shalat ashar, kita lihat dari pemancingnya dulu yah. Pertama jenis pemancing adem- adem ayem, ni   pemancing ngak banyak bicara matanya ke pancingan aja, seperti banyak pemikiran aja, posisinya seperti orang melamun ndak pembosan tapi dia teliti terhadap mata kailnya. Ke dua pemancing pintar karena dia sambil mancing dia memamfaatkan waktunya tuk yang lain, membaca buku, ngenet, ada aja kreatifitas yang dilakukannya dia ngak terlalu focus hanya sesekali matanya mengawasi mata pancingnya, ketiga pemancing banyak bicara dapat satu dia berteriak yes,,,,dapat. Senang sekali walau yang lain dah banyak dapat dia baru satu tetap aja ekspresinya mengalahkan yang lain.
Pemancing yang ke empat ni, ndak sabar banget, ada sedikit tanda- tanda pancingannya di lirik ikan langsung di angkat, ketika ikannya ngak ada langsung kecewa, kalau kecil juga yah,,, kecil banget. Sepertinya memancing bukan hobbynya tapi karena ingin dapat ikannya mau di Masak. Cuma sekali- kali juga mencoba memancing, pendapatnya memancing ikan itu menghabiskan waktu mending di beli katanya.
Sekarang kita teliti ikannya yah, sepertinya ini Cuma berlaku bagi yang mancing di kolam mungkin hanya kolam ikan belakang rumah ane kali yah,,, ngak juga silahkan juga digunakan tuk yang lain.
Bila mata pancingannya seperti ditarik kuat- kuat dan berjalan sana sini, itu biasanya ikan kecil dia masih senang main- main makanya dia suka main- main pula ma pemancing di Uji kesabaran kita. Kemudian bila pancing sidikit bergerak, kemudian pergerakannya tenang ini biasanya besar. Kemudian yang ketiga dia sekali aja narik jika tak langsung diangkat dia udah kabur, hampir sampai kedalam  ember kita masih dia coba untuk kabur  berbagai usaha bahkan dia coba menggunakan senjatanya agar kita melepaskannya.
Itu aja dulu yah ane dapat giliran mancing lagi nih, sekarang 09.58. selamat mencoba…

  

You Might Also Like

0 comments

FOLLOW ME IN

Twitter Facebook Instagram

Advertise

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!