Sistem Kelarasan Minangkabau
April 29, 2013
Lareh atau
sistem, di dalam adat dikenal dengan dua; Lareh Nan Bunta dan Lareh nan
Panjang. Lareh nan Bunta lazim juga disebut Lareh Nan Duo, yang dimaksudkan
adalah Kelarasan Koto Piliang yang disusun oleh Datuk Ketumanggungan dan
Kelarasan Bodi Caniago oleh Datuk Perpatih Nan Sabatang. Datuak Parpatiah
adalah saudara seibu dengan Datuak Katumanggungan, tetapi bapaknya berbeda.
Ayah datuak Katumanggungan adalah seorang raja, yang diberi gelar Sri maharaja
Diraja. Sedangkan ayah Datuak Parpatiah Nan Sabatang adalah Cati Bilang Pandai,
orang biasa yang bertugas sebagai pembantu raja. Sejak kecil, keduanya sering
berkelahi, sampai dewasa pun mereka berbeda pendapat.
Cati Bilang
Pandai adalah seorang yang dekat dengan rakyat, ia orang yang bijaksana, suka
bermusyawarah dalam mengambil keputusan. Oleh akrena itu, darah yang mengalir
dalam tubuh Datuak Parpatiah adalah darah yang merakyat pula. Lain halnya
dengan Datuak Katumanggungan. Oleh karena ayahnya seorang raja, sifat-sifat
yang turun kepadanya juga sifat-sifat raja. Sedangkan Lareh nan Panjang di
sebut Bodi Caniago inyo bukan, Koto Piliang inyo antah disusun oleh Datuk Suri
Nan Banego-nego (disebut juga Datuk Sikalab Dunia Nan Banego-nego) Namun yang lazim
dikenal hanyalah dua saja, Koto Piliang dan Bodi Caniago.
Kedua sistem
(kelarasan) Koto Piliang dan Bodi Caniago adalah dua sistem yang saling
melengkapi dan memperkuat. Hal ini sesuai dengan sejarah berdirinya kedua
kelarasan itu. Datuk Ketumanggungan dan Datuk Perpatih Nan Sabatang kakak adik
lain ayah, sedangkan Datuk Suri Nan Banego-nego adalah adik dari Datuk Perpatih
Nan Sabatang.
a). Kelarasan
Koto Piliang Dipimpin oleh Datuk Bandaro Putiah atau Datuak Katumanggunga .Roda
pemerintahan dijalankan dalam sistem Koto Piliang, yang dalam hal ini
dijalankan oleh Basa Ampek Balai:
1. Panitiahan–berkedudukan di
Sungai Tarab–Pamuncak Koto Piliang
2. Makhudum–berkedudukan di
Sumanik–Aluang bunian Koto Piliang
3. Indomo–berkedudukan di
Saruaso–Payung Panji Koto Piliang
4. Tuan Khadi–berkedudukan di
Padang Ganting–Suluah Bendang Koto Piliang (ditambah
seorang lagi yang kedudukannya
sama dengan Basa Ampek Balai)
5. Tuan Gadang–berkedudukan di
Batipuh–Harimau Campo Koto Piliang
Setiap Basa,
mempunyai perangkat sendiri untuk mengurus masalah-masalahdaerah kedudukannya.
Setiap basa membawahi beberapa orang datuk di daerah tempat kedudukannya,
tergantung kawasannya masing-masing. (Ada yang 9 datuk seperti Sungai Tarab, 7
datuk seperti di Saruaso dll). Setiap Basa diberi wewenang oleh raja untuk
mengurus wilayah-wilayah tertentu, untuk memungut ameh manah, cukai, pengaturan
wilayah dan sebagainya. Misalnya;
a) Datuk Bandaro untuk daerah
pesisir sampai ke Bengkulu
b) Makhudum untuk daerah pesisir
timur sampai ke Negeri Sembilan
c) Indomo untuk daerah pesisir
barat utara.
d) Tuan Kadi untuk daerah
Minangkabau bagian selatan.
Pada setiap
nagari, ada beberapa penghulu yang berada di bawah setiap basa yang mengepalai
nagari-nagari tersebut. Langgam Nan Tujuah (7 daerah istimewa) Di dalam sistem
pemerintahan itu, ada daerah-daerah istimewa yang dipimpin oleh seorang
penghulu yang langsung berada di bawah kuasa raja. Dia tidak berada di bawah
Basa 4 Balai. Daerah-daerah istimewa ini mempunyai fungsi dan kedudukan
tersendiri dan sampai sekarang masih dijalankan. Langgam nan tujuh itu terdiri
dari tujuh daerah/wilayah dengan gelar kebesarannya masing-masing:
1. Pamuncak Koto Piliang
>> Daerahnya Sungai Tarab salapan batu
2. Gajah Tongga Koto Piliang
>> Daerahnya Silungkang & Padang Sibusuak
3. Camin Taruih Koto Piliang
>> Daerahnya Singkarak & Saningbaka
4. Cumati Koto Piliang >>
Daerahnya Sulik Aie & Tanjuang Balik
5. Perdamaian Koto Piliang
>> Daerahnya Simawang & Bukik Kanduang
6. Harimau Campo Koto Piliang
>> Daerahnya Batipuh 10 Koto
7. Pasak kungkuang Koto Piliang
>> Daerahnya Sungai Jambu & Labu Atan
Sistem yang
dipakai dalam kelarasan Koto Piliang Memakai sistem cucua nan datang dari
langik, kaputusan indak buliah dibandiang. Maksudnya; segala keputusan datang
dari raja. Raja yang menentukan. Bila persoalan timbul pada suatu kaum, kaum
itu membawa persoalan kepada Basa Ampek Balai. Jika persoalan tidak putus oleh
Basa Ampek Balai, diteruskan kepada Rajo Duo Selo. Urusan adat kepada Rajo
Adat, dan urusan keagamaan kepada Rajo Ibadat. Bila kedua rajo tidak dapat
memutuskan, diteruskan kepada Rajo Alam. Rajo Alamlah yang memutuskan. Karena
itu dalam kelarasan ini hirarkinya adalah sebagai berikut; kamanakan barajo ka
mamak, mamak barajo ka pangulu, pangulu barajo ka Basa Ampek Balai, Basa Ampek
Balai ka Rajo Duo Selo.
b). Kelarasan Bodi Caniago
Dipimpin oleh
Datuk Bandaro Kuniang atau parpatih nan sabatang, Gajah Gadang Patah Gadiang di
Limo Kaum. Di bawahnya disebut Datuak Nan Batigo; Datuk nan di Dusun Tuo, Datuk
nan di Paliang, Datuk nan Kubu Rajo. (Nama-nama Datuk tak disebutkan, karena
mereka memakai sistem “gadang balega”, pimpinan dipilih berdasarkan kemufakatan
(hilang baganti). Kelarasan Bodi Caniago, juga mempunyai daerah setaraf Langgam
Nan Tujuh dalam kelarasan Koto Piliang, yang disebut Tanjuang Nan Ampek, Lubuak
Nan Tigo (juga tujuh daerah khusus dengan tujuh penghulu/pucuak buleknyo)
Tanjuang Bingkuang (Limo kaum dan sekitarnya), Tanjung Sungayang, Tanjuang
Alam,Tanjuang Barulak, Lubuk Sikarah, Lubuk Sipunai,Lubuk Simawang Sistem yang
dipakai dalam kelarasan Bodi Caniago
Memakai
sistem nan bambusek dari tanah, nan tumbuah dari bawah. Kaputusan buliah
dibandiang. Nan luruih buliah ditenok, nan bungkuak buliah dikadang. Maksudnya;
segala keputusan ditentukan oleh sidang kerapatan para penghulu. Keputusan
boleh dibanding, dipertanyakan dan diuji kebenarannya. Bila persoalan timbul
pada suatu kaum, kaum itu membawa persoalan kepada Datuak nan Batigo di Limo
Kaum. Karena itu dalam kelarasan ini hirarkinya adalah sebagai berikut;
kamanakan barajo ka mamak, mamak barajo ka pangulu, pangulu barajo ka mupakaik,
nan bana badiri sandirinyo.
c). Lareh Nan Panjang
Dipimpin oleh
Datuk Bandaro Kayo. Selain itu pula, ada satu lembaga lain yang dipimpin oleh
Datuk Badaro Kayo yang berkedudukan di Pariangan Padang Panjang. Tugasnya
menjadi juru damai sekiranya terjadi pertikaan antara Datuk Bandaro Putiah di
Sungai Tarab (Koto Piliang) dengan Datuk Bandaro Kuniang (Bodi Caniago). Dia bukan
dari kelarasan Koto Piliang atau Bodi Caniago, tetapi berada antara keduanya.
Daerah
kawasannya disebut : 8 Koto Di ateh, 7 Koto Di bawah, batasan wilayahnya
disebutkan Sajak dari guguak Sikaladi Hilie, sampai ka Bukik Tumasu Mudiak,
Salilik Batang Bangkaweh.
• 8 Koto Di ateh terdiri dari;
Guguak, Sikaladi, Pariangan, Pd.Panjang, Koto Baru, Sialahan, Koto Tuo, Batu
Taba.
• 7 Koto Di bawah terdiri dari;
Galogandang, Padang Lua, Turawan, Balimbiang, Kinawai, Sawah Laweh, Bukik
Tumasu.
Sumber
-Sejarah Minangkabau, MD Mansur
– Bharata, Jakarta
-Dasar Falsafah Adat
Minangkabau, Muhammad Nasrun – Bulan Bintang, Jakarta
Diperoleh dari
"http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya_Minangkabau
A.A Navis, Alam terkembang jadi
Guru, Bandung, 1982
^ Kato, Tsuyoshi (2005). Adat
Minangkabau dan merantau dalam perspektif sejarah. PT Balai Pustaka. hlm. 21.
ISBN 979-690-360-1
0 comments