Kenangan bersama mereka
Walau kita hanya sebentar di pertemukan sahabat
Tapi tali persahabatan ini janganlah sampai putus
Kalaw rasa sudah ada di masing masing hati
Jarak yang jauh tidak ada artinya
Sahabat……………..
Belum lama kita tak ketemu
Tapi kerinduan sudah ada
Sampai jumpa nanti
Walau kita hanya sebentar di pertemukan sahabat
Tapi tali persahabatan ini janganlah sampai putus
Kalaw rasa sudah ada di masing masing hati
Jarak yang jauh tidak ada artinya
Sahabat……………..
Belum lama kita tak ketemu
Tapi kerinduan sudah ada
Sampai jumpa nanti
Para pahlwan mukmin sejati diciptakan untuk memikul beban – beban yang tidak sanggupdipikul manusia di zamannya.
Dia lahir dari tantangan tantangan yang berani dia selesaikan.
Bersyukur dengan semua ujian yang akan melatihmu jadi pahlawan sejati
Dan teguhkan hati untuj kehidupan kedepan
Luruskan kembali niat di jalan dakwahsemoga setiap ujian yang dating menjadi inspirasi untuk mengangkat ketakwaan
Dia lahir dari tantangan tantangan yang berani dia selesaikan.
Bersyukur dengan semua ujian yang akan melatihmu jadi pahlawan sejati
Dan teguhkan hati untuj kehidupan kedepan
Luruskan kembali niat di jalan dakwahsemoga setiap ujian yang dating menjadi inspirasi untuk mengangkat ketakwaan
sekilas info
mengapa rasulullah melarang kita minum sambil berdiri?
ternyata secara medis dalam tubuh manusia
ada penyaring yang bernana SPRINGER
saringan itu membuka ketika kita kita duduk
dan menutup ketika kita berdiri
air yang diminum belum 100% steril
jika kita minum sambil berdiri maka air tidak disaring
karena sfringer tertutup dan jika air tidak disaring
itu akan langsung masuk kekandung kemih,
itu bisa menyebabkan penyakit kristal ginjal
ginjal kita gratis dari allah, kenapa kita menyia nyiakan begitu saja
maka jagalah kesehatan
dan ingatlah hadis rasulullah
"nikmatnya sehat akan terasa oleh orang sakit"
mengapa rasulullah melarang kita minum sambil berdiri?
ternyata secara medis dalam tubuh manusia
ada penyaring yang bernana SPRINGER
saringan itu membuka ketika kita kita duduk
dan menutup ketika kita berdiri
air yang diminum belum 100% steril
jika kita minum sambil berdiri maka air tidak disaring
karena sfringer tertutup dan jika air tidak disaring
itu akan langsung masuk kekandung kemih,
itu bisa menyebabkan penyakit kristal ginjal
ginjal kita gratis dari allah, kenapa kita menyia nyiakan begitu saja
maka jagalah kesehatan
dan ingatlah hadis rasulullah
"nikmatnya sehat akan terasa oleh orang sakit"
sekilas info
mengapa rasulullah melarang kita minum sambil berdiri?
ternyata secara medis dalam tubuh manusia
ada penyaring yang bernana SPRINGER
saringan itu membuka ketika kita kita duduk
dan menutup ketika kita berdiri
air yang diminum belum 100% steril
jika kita minum sambil berdiri
mengapa rasulullah melarang kita minum sambil berdiri?
ternyata secara medis dalam tubuh manusia
ada penyaring yang bernana SPRINGER
saringan itu membuka ketika kita kita duduk
dan menutup ketika kita berdiri
air yang diminum belum 100% steril
jika kita minum sambil berdiri
Sistem Kelarasan Minangkabau
Lareh atau sistem, di dalam adat dikenal dengan dua; Lareh Nan Bunta dan Lareh nan Panjang. Lareh nan Bunta lazim juga disebut Lareh Nan Duo, yang dimaksudkan adalah Kelarasan Koto Piliang yang disusun oleh Datuk Ketumanggungan dan Kelarasan Bodi Caniago oleh Datuk Perpatih Nan Sabatang. Datuak Parpatiah adalah saudara seibu dengan Datuak Katumanggungan, tetapi bapaknya berbeda. Ayah datuak Katumanggungan adalah seorang raja, yang diberi gelar Sri maharaja Diraja. Sedangkan ayah Datuak Parpatiah Nan Sabatang adalah Cati Bilang Pandai, orang biasa yang bertugas sebagai pembantu raja. Sejak kecil, keduanya sering berkelahi, sampai dewasa pun mereka berbeda pendapat.
Cati Bilang Pandai adalah seorang yang dekat dengan rakyat, ia orang yang bijaksana, suka bermusyawarah dalam mengambil keputusan. Oleh akrena itu, darah yang mengalir dalam tubuh Datuak Parpatiah adalah darah yang merakyat pula. Lain halnya dengan Datuak Katumanggungan. Oleh karena ayahnya seorang raja, sifat-sifat yang turun kepadanya juga sifat-sifat raja. Sedangkan Lareh nan Panjang di sebut Bodi Caniago inyo bukan, Koto Piliang inyo antah disusun oleh Datuk Suri Nan Banego-nego (disebut juga Datuk Sikalab Dunia Nan Banego-nego) Namun yang lazim dikenal hanyalah dua saja, Koto Piliang dan Bodi Caniago.
Kedua sistem (kelarasan) Koto Piliang dan Bodi Caniago adalah dua sistem yang saling melengkapi dan memperkuat. Hal ini sesuai dengan sejarah berdirinya kedua kelarasan itu. Datuk Ketumanggungan dan Datuk Perpatih Nan Sabatang kakak adik lain ayah, sedangkan Datuk Suri Nan Banego-nego adalah adik dari Datuk Perpatih Nan Sabatang.
a). Kelarasan Koto Piliang
Dipimpin oleh Datuk Bandaro Putiah atau Datuak Katumanggungan
Roda pemerintahan dijalankan dalam sistem Koto Piliang, yang dalam hal ini dijalankan oleh Basa Ampek Balai:
1. Panitiahan–berkedudukan di Sungai Tarab–Pamuncak Koto Piliang
2. Makhudum–berkedudukan di Sumanik–Aluang bunian Koto Piliang
3. Indomo–berkedudukan di Saruaso–Payung Panji Koto Piliang
4. Tuan Khadi–berkedudukan di Padang Ganting–Suluah Bendang Koto Piliang (ditambah seorang lagi yang kedudukannya sama dengan Basa Ampek Balai)
5. Tuan Gadang–berkedudukan di Batipuh–Harimau Campo Koto Piliang
Setiap Basa, mempunyai perangkat sendiri untuk mengurus masalah-masalahdaerah kedudukannya. Setiap basa membawahi beberapa orang datuk di daerah tempat kedudukannya, tergantung kawasannya masing-masing. (Ada yang 9 datuk seperti Sungai Tarab, 7 datuk seperti di Saruaso dll). Setiap Basa diberi wewenang oleh raja untuk mengurus wilayah-wilayah tertentu, untuk memungut ameh manah, cukai, pengaturan wilayah dan sebagainya. Misalnya;
a) Datuk Bandaro untuk daerah pesisir sampai ke Bengkulu
b) Makhudum untuk daerah pesisir timur sampai ke Negeri Sembilan
c) Indomo untuk daerah pesisir barat utara.
d) Tuan Kadi untuk daerah Minangkabau bagian selatan.
Pada setiap nagari, ada beberapa penghulu yang berada di bawah setiap basa yang mengepalai nagari-nagari tersebut.
Langgam Nan Tujuah (7 daerah istimewa)
Di dalam sistem pemerintahan itu, ada daerah-daerah istimewa yang dipimpin oleh seorang penghulu yang langsung berada di bawah kuasa raja. Dia tidak berada di bawah Basa 4 Balai. Daerah-daerah istimewa ini mempunyai fungsi dan kedudukan tersendiri dan sampai sekarang masih dijalankan. Langgam nan tujuh itu terdiri dari tujuh daerah/wilayah dengan gelar kebesarannya masing-masing:
1. Pamuncak Koto Piliang >> Daerahnya Sungai Tarab salapan batu
2. Gajah Tongga Koto Piliang >> Daerahnya Silungkang & Padang Sibusuak
3. Camin Taruih Koto Piliang >> Daerahnya Singkarak & Saningbaka
4. Cumati Koto Piliang >> Daerahnya Sulik Aie & Tanjuang Balik
5. Perdamaian Koto Piliang >> Daerahnya Simawang & Bukik Kanduang
6. Harimau Campo Koto Piliang >> Daerahnya Batipuh 10 Koto
7. Pasak kungkuang Koto Piliang >> Daerahnya Sungai Jambu & Labu Atan
Sistem yang dipakai dalam kelarasan Koto Piliang
Memakai sistem cucua nan datang dari langik, kaputusan indak buliah dibandiang. Maksudnya; segala keputusan datang dari raja. Raja yang menentukan. Bila persoalan timbul pada suatu kaum, kaum itu membawa persoalan kepada Basa Ampek Balai. Jika persoalan tidak putus oleh Basa Ampek Balai, diteruskan kepada Rajo Duo Selo. Urusan adat kepada Rajo Adat, dan urusan keagamaan kepada Rajo Ibadat. Bila kedua rajo tidak dapat memutuskan, diteruskan kepada Rajo Alam. Rajo Alamlah yang memutuskan. Karena itu dalam kelarasan ini hirarkinya adalah sebagai berikut; kamanakan barajo ka mamak, mamak barajo ka pangulu, pangulu barajo ka Basa Ampek Balai, Basa Ampek Balai ka Rajo Duo Selo.
b). Kelarasan Bodi Caniago
Dipimpin oleh Datuk Bandaro Kuniang atau parpatih nan sabatang, Gajah Gadang Patah Gadiang di Limo Kaum. Di bawahnya disebut Datuak Nan Batigo; Datuk nan di Dusun Tuo, Datuk nan di Paliang, Datuk nan Kubu Rajo. (Nama-nama Datuk tak disebutkan, karena mereka memakai sistem “gadang balega”, pimpinan dipilih berdasarkan kemufakatan (hilang baganti). Kelarasan Bodi Caniago, juga mempunyai daerah setaraf Langgam Nan Tujuh dalam kelarasan Koto Piliang, yang disebut Tanjuang Nan Ampek, Lubuak Nan Tigo (juga tujuh daerah khusus dengan tujuh penghulu/pucuak buleknyo)
Tanjuang Bingkuang (Limo kaum dan sekitarnya), Tanjung Sungayang, Tanjuang Alam,Tanjuang Barulak, Lubuk Sikarah, Lubuk Sipunai,Lubuk Simawang
Sistem yang dipakai dalam kelarasan Bodi Caniago
Memakai sistem nan bambusek dari tanah, nan tumbuah dari bawah. Kaputusan buliah dibandiang. Nan luruih buliah ditenok, nan bungkuak buliah dikadang. Maksudnya; segala keputusan ditentukan oleh sidang kerapatan para penghulu. Keputusan boleh dibanding, dipertanyakan dan diuji kebenarannya. Bila persoalan timbul pada suatu kaum, kaum itu membawa persoalan kepada Datuak nan Batigo di Limo Kaum. Karena itu dalam kelarasan ini hirarkinya adalah sebagai berikut; kamanakan barajo ka mamak, mamak barajo ka pangulu, pangulu barajo ka mupakaik, nan bana badiri sandirinyo.
c). Lareh Nan Panjang
Dipimpin oleh Datuk Bandaro Kayo. Selain itu pula, ada satu lembaga lain yang dipimpin oleh Datuk Badaro Kayo yang berkedudukan di Pariangan Padang Panjang. Tugasnya menjadi juru damai sekiranya terjadi pertikaan antara Datuk Bandaro Putiah di Sungai Tarab (Koto Piliang) dengan Datuk Bandaro Kuniang (Bodi Caniago). Dia bukan dari kelarasan Koto Piliang atau Bodi Caniago, tetapi berada antara keduanya.
Daerah kawasannya disebut : 8 Koto Di ateh, 7 Koto Di bawah, batasan wilayahnya disebutkan Sajak dari guguak Sikaladi Hilie, sampai ka Bukik Tumasu Mudiak, Salilik Batang Bangkaweh.
• 8 Koto Di ateh terdiri dari; Guguak, Sikaladi, Pariangan, Pd.Panjang, Koto Baru, Sialahan, Koto Tuo, Batu Taba.
• 7 Koto Di bawah terdiri dari; Galogandang, Padang Lua, Turawan, Balimbiang, Kinawai, Sawah Laweh, Bukik Tumasu.
Sumber
-Sejarah Minangkabau, MD Mansur – Bharata, Jakarta
-Dasar Falsafah Adat Minangkabau, Muhammad Nasrun – Bulan Bintang, Jakarta
Diperoleh dari "http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya_Minangkabau
A.A Navis, Alam terkembang jadi Guru, Bandung, 1982
^ Kato, Tsuyoshi (2005). Adat Minangkabau dan merantau dalam perspektif sejarah. PT Balai Pustaka. hlm. 21. ISBN 979-690-360-1
Sejarah Minangkabau Sampai Abad Ke-18
Pesisir atau RantauMinangkabau
Tafsiran dari ‘Riak nan Berdebur’ adalah daerah Pesisir Pantai Barat iaitu wilayah dari Padang hingga Bengkulu; sedangkan ‘Teratak Air Hitam’ adalah Rantau Timur sekitar Kampar dan Kuantan (sekarang di Riau). Ini sesuai penjelasan bahwa selain 3 Luhak dan 3 Rantau diatas yang disebut ‘Darek” atau “Darat”, Minangkabau mempunyai daerah Rantau luar iaitu Rantau Pesisir Barat dan Rantau Timur dengan wilayah :
1. RANTAU PESISIR BARAT (Pasisie Barek): Sikilang Air Bangis, Tiku Pariaman, Padang, Bandar Sepuluh, Air Haji, Inderapura, Kerinci (kini masuk Jambi) dan Muko-muko (Bengkulu).
2. RANTAU TIMUR : Daerah hilir sungai-sungai besar Rokan, Siak, Tapung, Kampar dan Inderagiri (Kuantan), kesemuanya kini masuk di Riau.
Tiap-tiap luhak mempunyai daerah rantau masing-masing sesuai dengan perpindahan penduduk dari luhak tersebut. Rantau Luhak Tanah Datar meliputi rantau Batang Hari, Pucuak Jambi Sembilan Lurah, yaitu daerah-daerah sailiran batang hari. Di daerah hulu Batang Hari dikenal Rantau Cati Nan Kurang Aso XX. Rantau Nan Kurang Aso XX yaitu Lubuak Ambacang, Lubuak Jambi, Gunuang, Koto, Benai, Pangian, Basra, Sitanjau, Kopa, Teluk Ingin, Indoman, Surantih, Taluak Rayo, Simpang Kulayang, Aia Molek, Pasia Ringgik, Kuantan, Talang Mamak dan Kuala Enok. Daerah Rantau Luhak Tanah Datar yang lain yaitu Rantau Pesisir Panjang yang dinamakan Bandar X. daerah yang termasuk Bandar X adalah : Batang Kapeh, Kuok, Surantih, Amping Parak, Kambang, Lakitan, Punggasan, Air Haji, Painan, Banda Salido, dan Tarusan. Tapan, Lunang, Silaut, Indopuro dan Manjuto juga merupakan Rantau Luhak Tanah Datar.
Disamping itu ada juga yang disebut Ujung Darek Kapalo Rantau dari Luhak Tanah Datar. Ujung Darek Kapalo Luhak Tanah Datar merupakan daerah perbatasan antara Luhak Tanah Datar dengan daerah rantau. Daerah tersebut adalah Anduriang Kayu Tanam, Guguak Kapao Hilalang, Sicincin Tinggi, Toboh Pakandangan, 2 X 11 Enam Lingkuang dan VII Koto Sungai Sariak.
Luhak Agam daerah rantaunya adalah Tiku Pariaman, Sasak Air Bangis, sedangkan daerah yang disebut ujuang darek kapalo rantau adalah Palembayan, Sirasak Aie, Sungai Garinggiang, Lambah Bawan, Padang Manggopoh. Ke selatan adalah Anduriang Kayu Tanam, Guguak Kapalo Hilalang, Toboh Pakandangan. Luhak Lima Puluh Kota daerah rantaunya adalah rantau Kampar Kanan dan Kampar Kiri yang termasuk daerah Kampar Kiri terdiri dari enam daerah yaitu Kudai, Ujuang Bukik, Gunuang Sahilan, Lipat Kain, Kuniuk dan Sanggan. Rantau Kampar Kanan dibagi atas tiga bagian. Pertama disebut di hulu Tuangku Nan Tigo, yang terdiri dari Limbanang Koto Laweh, Koto Tangah dan Koto Tinggi, Sungai Dadok dan Sungai Naniang. Yang kedua disebut di Tengah Kampar Sembilan yang terdiri dari Yajuang, Muaro Takus, Gunuang, Malelo Pongkai, Koto Bangun, Sialang, Durian Tinggi, Kapuak dan Lubuak Alai. Yang ketiga disebut di Ulak Koto Nan Anam yang terdiri dari Koto Baru, Koto Alam, Tanjuang Pauah, Tanjuang Balik, Mangilang dan Malintang.
Sumber
-Sejarah Minangkabau, MD Mansur – Bharata, Jakarta
-Dasar Falsafah Adat Minangkabau, Muhammad Nasrun – Bulan Bintang, Jakarta
Diperoleh dari "http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya_Minangkabau
A.A Navis, Alam terkembang jadi Guru, Bandung, 1982
http://blogminangkabau.wordpress.com/2009/01/04/sistim-kemasayarakatan-dan-kelarasan-di-minangkabu/
^ Kato, Tsuyoshi (2005). Adat Minangkabau dan merantau dalam perspektif sejarah. PT Balai Pustaka. hlm. 21. ISBN 979-690-360-1
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh…….
Ummi apa kabar? Semoga ummi selalu sehat walafiat dan selalu dilimpahkan rahmat allah. Alhamdulillah berkat ummi mendoakan nanda setiap saat ananda sehat wal afiat. Sebelum nanada menulis kata demi kata ananda minta maaf karena sekarang ananda baru tersadar dari lumuran dosa yang banyak kepada ummi.
Ummi baru sekarang nanda sadar kalau nanda telah melawan ummi , nanda benar benar anak yang tidak tau trimakasih, nanda benar benar orang egois , mi , ummi masih ingatkan ketika melihat tangan ananda bekas luka yang dalam ketika lebaran kemaren? Ananda bilang ananda jatuh di kamar mandi, ummi tadak percaya sedikitpun , ummi tau kalau ananda bohong ,ntah kenapa nanda tidak pernah berhasil membohongi ummi.
Malam harinya ketika ananda tertidur pulas ananda merasakan ada orang yang memeriksa kaki nanda , lalu ada tangn dingn menyentuh kening nanda dan mencium pipi nanda ,nanda tak bisa tidur lagi , nanda pura pura tidur karena panasnya air mata ummi menetes di pipi nanda.
Ummi nanda bukan tidak mau menceritakan apa yang terjadi sebenarnya kepada ummi, nanda Itidak kuat lagi menambah beban yang begitu banyak ummi tanggung , ketika ananda bangun untuk shalat malam tanpa sengaja nanda mendengar rintihan tangis, nanda mencari cari asal suara , ternyata ummi yang sedang shalat malam menangis “ ya ….allah lindungilah anakku dari marabahaya, dia adalah cahaya keluarga ini , dia yang selalu member kabar gembira memotifasi adik adiknya , kenapa dia sekarang sangat tertutup kepada hamba …., sebelum dia kuliah apa yang terasa dihatinya pasti dia ceritakan dengan wajah gembira, sekarang ya allah kebahagian itu tidak Nampak dimatanya , matanya sungguh sayu, apalagi tangan dan kakinya ,,, sepertinya dia tertabrak mobil atau motor .. hamba melihat cirinya ya allah”.
Ummi ….. itu benar sekali ananda memang tertabrak motor, itu karena melawan kepada ummi… kemaren itu nanda kan minta kiriman uang dan ummi akan mengirimkan ke bank tapi setelah sering ananda cek. Ntah kenapaa belum juga ada nanda kesal sama ummi, lalu ketika ananda menyebrang di pasar baru terjadilah kecelakaan itu mi…
Ternyata ummi telah menyerahkannya ke adik untuk dikirim tapi ,dia yang tidak mengirimkannya. Dan ternyata ummi dalam keadaan sakit mengantarkanyna kealahan panjang. Ummi betapa besar cintamu padaku dalam keadaan sakit engkau kuatkan juga untuk pergi demiku. Dan hampir tiap hari engkau menelponku untuk menanyakan bagaimana kabarku apa yang aku lakukan dengan siapa aku berada, tapi aku tak pernah melakukan itu dengan alas an karena sibuk kuliah.
Ummi maafkanlah nanda, nanda tidak tau trimakasih , di rumah ummi hanya makan dengan cabe giling demi mengkuliahkan ananda dan pergi keladang setiap hari . keladang yang begitu jauh nanda masih ingat ketika ituhari hujan engkau tetap keladang agar dapat panen yang banyak lalu ketika pulang dengan membawa markisah di atas kepala, engkau tergelincir jalan begitu licin sehingga membuat kakimu terluka parah dan terkilir.
Ummi tak ada kata yang indah untuk mewakili rasa yang nanda punya ke ummi, ummi tak ada sesuatu apapun yang ada di dunia ini yang bisa membalas jasa ummi tapi ananda hanya bisa mengucapkan trimasih untuk semua ini ummi, engkau merelakan kebahagiaan hidupmu demi ananda.ummi apakah ananda bisa mendapatkan syurga yang berada dibawah telapak kakimu setelah ananda begitu banyak mengecewakanmu dan apa yang dikatakan allah dalam alqur’an “wala takallahuma uffin” ananda melebihi itu melawannya kepadamu ummi………..
Ummi besok adalah hari ibu ,ananda mengucapkan dari lubuk hati yang paling dalam ananda ,bahwa anada benar benar sayang kepada umman trimakasih sudah menjadi ummi yang baik , nanda ingin ummi tersenyum ketika membaca surat ini dan jika jarak yang menghalangi kita saat ini tapi hati kita benar benar dekat kan ummi. Ummi rasa yang ada dihati ananda tidak akan cukup terwakili oleh surat ini,tapi cukuplah sekian dulu ummi jika kita tidak bisa berjumpa dikampung pas hari libur nanti tapi hendaknya ketika dikampung abadi hendaknya kita bisa berjumpa di syurga allah. Amin humma amin.
Salam sayang anakmu
Wahyu suri yani
Ummi apa kabar? Semoga ummi selalu sehat walafiat dan selalu dilimpahkan rahmat allah. Alhamdulillah berkat ummi mendoakan nanda setiap saat ananda sehat wal afiat. Sebelum nanada menulis kata demi kata ananda minta maaf karena sekarang ananda baru tersadar dari lumuran dosa yang banyak kepada ummi.
Ummi baru sekarang nanda sadar kalau nanda telah melawan ummi , nanda benar benar anak yang tidak tau trimakasih, nanda benar benar orang egois , mi , ummi masih ingatkan ketika melihat tangan ananda bekas luka yang dalam ketika lebaran kemaren? Ananda bilang ananda jatuh di kamar mandi, ummi tadak percaya sedikitpun , ummi tau kalau ananda bohong ,ntah kenapa nanda tidak pernah berhasil membohongi ummi.
Malam harinya ketika ananda tertidur pulas ananda merasakan ada orang yang memeriksa kaki nanda , lalu ada tangn dingn menyentuh kening nanda dan mencium pipi nanda ,nanda tak bisa tidur lagi , nanda pura pura tidur karena panasnya air mata ummi menetes di pipi nanda.
Ummi nanda bukan tidak mau menceritakan apa yang terjadi sebenarnya kepada ummi, nanda Itidak kuat lagi menambah beban yang begitu banyak ummi tanggung , ketika ananda bangun untuk shalat malam tanpa sengaja nanda mendengar rintihan tangis, nanda mencari cari asal suara , ternyata ummi yang sedang shalat malam menangis “ ya ….allah lindungilah anakku dari marabahaya, dia adalah cahaya keluarga ini , dia yang selalu member kabar gembira memotifasi adik adiknya , kenapa dia sekarang sangat tertutup kepada hamba …., sebelum dia kuliah apa yang terasa dihatinya pasti dia ceritakan dengan wajah gembira, sekarang ya allah kebahagian itu tidak Nampak dimatanya , matanya sungguh sayu, apalagi tangan dan kakinya ,,, sepertinya dia tertabrak mobil atau motor .. hamba melihat cirinya ya allah”.
Ummi ….. itu benar sekali ananda memang tertabrak motor, itu karena melawan kepada ummi… kemaren itu nanda kan minta kiriman uang dan ummi akan mengirimkan ke bank tapi setelah sering ananda cek. Ntah kenapaa belum juga ada nanda kesal sama ummi, lalu ketika ananda menyebrang di pasar baru terjadilah kecelakaan itu mi…
Ternyata ummi telah menyerahkannya ke adik untuk dikirim tapi ,dia yang tidak mengirimkannya. Dan ternyata ummi dalam keadaan sakit mengantarkanyna kealahan panjang. Ummi betapa besar cintamu padaku dalam keadaan sakit engkau kuatkan juga untuk pergi demiku. Dan hampir tiap hari engkau menelponku untuk menanyakan bagaimana kabarku apa yang aku lakukan dengan siapa aku berada, tapi aku tak pernah melakukan itu dengan alas an karena sibuk kuliah.
Ummi maafkanlah nanda, nanda tidak tau trimakasih , di rumah ummi hanya makan dengan cabe giling demi mengkuliahkan ananda dan pergi keladang setiap hari . keladang yang begitu jauh nanda masih ingat ketika ituhari hujan engkau tetap keladang agar dapat panen yang banyak lalu ketika pulang dengan membawa markisah di atas kepala, engkau tergelincir jalan begitu licin sehingga membuat kakimu terluka parah dan terkilir.
Ummi tak ada kata yang indah untuk mewakili rasa yang nanda punya ke ummi, ummi tak ada sesuatu apapun yang ada di dunia ini yang bisa membalas jasa ummi tapi ananda hanya bisa mengucapkan trimasih untuk semua ini ummi, engkau merelakan kebahagiaan hidupmu demi ananda.ummi apakah ananda bisa mendapatkan syurga yang berada dibawah telapak kakimu setelah ananda begitu banyak mengecewakanmu dan apa yang dikatakan allah dalam alqur’an “wala takallahuma uffin” ananda melebihi itu melawannya kepadamu ummi………..
Ummi besok adalah hari ibu ,ananda mengucapkan dari lubuk hati yang paling dalam ananda ,bahwa anada benar benar sayang kepada umman trimakasih sudah menjadi ummi yang baik , nanda ingin ummi tersenyum ketika membaca surat ini dan jika jarak yang menghalangi kita saat ini tapi hati kita benar benar dekat kan ummi. Ummi rasa yang ada dihati ananda tidak akan cukup terwakili oleh surat ini,tapi cukuplah sekian dulu ummi jika kita tidak bisa berjumpa dikampung pas hari libur nanti tapi hendaknya ketika dikampung abadi hendaknya kita bisa berjumpa di syurga allah. Amin humma amin.
Salam sayang anakmu
Wahyu suri yani
allah memberikan apa yang kita butuhkan bukan yang kita inginkan
semua yang kita lakukan kita inginkan perlu usaha , tapi usaha harus diiringi doa agar berhasil
kapan ych aku bisa membahagiakan mama dan papa
dalam sebuh kata yang tak terungkap
Catatan Perjalanan Blog
dalam sebuh kata yang tak terungkap ini adalah tulisan pertama saya di Blog ini. Saya yang senang menulis dan waktu itu masih SMA diajarkan sang Adik Rahmat Kusii bagaimana cara menggunakan blog.
dalam sebuah kata yang tak terungkap, saya tulis dengan typo dalam sebuh kata yan tak terungkap di sebuah warnet di simpang Batu Bagiriek Lembah Gumanti. Hari Rabu, 27 Mei 2020 saya mencoba edit ulang. Bercerita tentang perjalanana blog yang hampir 10 tahun.
Dari postingan yang asalan blog ini akhirnya masih bertahan sampai 2020, walaupun tidak konsisten menulis semoga evaluasi 10 tahun yang lalu akan bermanfaat untuk yang masa akan datang.
Bismillah The New Journey Uni Humaira
Catatan Perjalanan Blog
dalam sebuh kata yang tak terungkap ini adalah tulisan pertama saya di Blog ini. Saya yang senang menulis dan waktu itu masih SMA diajarkan sang Adik Rahmat Kusii bagaimana cara menggunakan blog.
dalam sebuah kata yang tak terungkap, saya tulis dengan typo dalam sebuh kata yan tak terungkap di sebuah warnet di simpang Batu Bagiriek Lembah Gumanti. Hari Rabu, 27 Mei 2020 saya mencoba edit ulang. Bercerita tentang perjalanana blog yang hampir 10 tahun.
Dari postingan yang asalan blog ini akhirnya masih bertahan sampai 2020, walaupun tidak konsisten menulis semoga evaluasi 10 tahun yang lalu akan bermanfaat untuk yang masa akan datang.
Bismillah The New Journey Uni Humaira