Ketika Sigadis Pergi Marantau

August 07, 2014



Kalau membaca Buku sejarah, Novel pasti yang banyak digambarkan tentang kepergian merantau
 dan hidup merantau laki-laki, sedikit diberi gambaran kalau ada perempuan yang pergi merantau
 pasti karena ikut suaminya.Akhir- akhir ini saya baru menyadari, pola merantau dahulu udah beda banget
 dengan sekarang apalagi kalau kita telaah dari buku Mochtar Naim tentang merantau.
Walau saya anak sejarah pada kali ini saya lagi tidak igin membawa teori sejarah dalam tulisa ini.
 Ini tentang pesan nenek saya pada cucunya yang pergi merantau, ketika melepas kakak saya pergi
 merantau, beliau tidak bisa menahan tangis, dan tangisan beliau itu membuat saya agak tersentuh
Mande
“ Anak Gadih den, Ndak ado yang dirumah lai, lah pai marantau Sadonyo” ( maksudnya anak 
gadisku tidak ada yang dirumah lagi, sudah pergi merantau semuanya). Banyak yang tersirat dari tangisan
 beliau, kesedihan, kecemasan dan juga Bahagia mungkin...
Kenapa membuat saya tersentuh karena keluarga saya disana memang perantau semuanya,
 mulai dari mamak sampai kemenakan, tapi tangisnya kali ini, tangisan untuk keluarga perempuan 
yang pergi merantau. Pergi merantau bukan karena ikut suami, tapi pergi menuntut Ilmu dan juga
 sambil manggaleh. Merantaunya banyaknya ke Jakarta, Sulawesi, Kalimantan, kalau yang belum 
tamat S1 kebawah seperti saya masih di Padang, Padang Panjang dan Bukit tinggi lah,,,
Sepertinya pelajaran sejarah tidak bisa dipisahkan setiak kita berbicara merantau, karena sejarah 
merantau melahirkan putra-putri terbaik bangsa dari Ranah Minang, mereka hebat bukan di Kampung 
tapi setelah pergi Merantau, Hamka, Hatta, natsir, Malaka, Adam Malik dan yang lainnya. 
Kemudian beliau melanjutkan nasehat beliau dengan sebuah pantun siang ini baru saya menyadari 
bahwa pantun itu lirik nyanyi elly Khasim
Judulnya Dayuang Palinggam
Dayuang dayuang – 2x
Dayuang sampan didayuang – 2x
Didayuang anak Palinggam, Palinggam, anak Palinggam
Didayuang anak Palinggam, Palinggam, anak Palinggam
Elok-elok manyubarang
Jan sampai titian patah
Elok-elok di rantau urang
Jan sampai babuek salah
Ramo-ramo si kumbang lah jati (sayang)
Katik Endah pulang lah bakudo
Patah tumbuah hilang baganti, lagu lamo takana juo
Patah tumbuah hilang baganti, lagu lamo takana juo
Elok-elok manyubarang
Jan sampai titian patah
Elok-elok di rantau urang
Jan sampai babuek salah
Dayuang dayuang – 2x
Dayuang sampan didayuang – 2x
Didayuang anak Palinggam, Palinggam, anak Palinggam
Didayuang anak Palinggam, Palinggam, anak Palinggam
Elok-elok manyubarang
Jan sampai titian patah
Elok-elok di rantau urang
Jan sampai babuek salah
Pulau Pandan jauah lah ditangah
Dibaliak pulau si Angso lah Duo
Hancua badan dikanduang tanah, budi baiak takana juo
Hancua badan dikanduang tanah, budi baiak takana juo
Elok-elok manyubarang
Jan sampai titian patah
Elok-elok dirantau urang
Jan sampai babuek salah


You Might Also Like

0 comments

FOLLOW ME IN

Twitter Facebook Instagram

Advertise

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!