Tantangan Salingkaran Gunung Talang

September 07, 2019

Ketika memandang Gunung Talang, yang menjulang dintara bukit-bukit yang lainnya dan berhalamankan Danau Ateh, Danau Bawah dan mempunyai anak, “Danau Talang”. Jadi ingat cerita Seorang sahabat tentang perbedaan Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Setelah mengunjungi dua candi terbesar itu dan telah menjadi warisan dunia dia berkata. Ri (begitu dia memanggil akrab namaku) aku merasa Candi Prambanan itu menampilkan ke angkuhan dan kuasanya diantara yang lain. Perbincangan kami berlanjut sampai kemana-mana dengan calon Arkeolog,  keturunan darah Minang dan Mandailing ini.

Gunung Talang dan bukit-bukit kecil yang mendampinginya, dan Danau sekitarnya adalah pelajaran dan anugerah terindah untuk masyarakat. Lingkungan alam ini juga  memberikan sumbangsih dalam membentuk orang-orang yang tinggal disekitarnya. Salah satu nagari yang sering jadi tulisan terkait ini adalah Nagari Sulit Air. Bagaimana keadaan nagari Sulit Air menjadi salah satu faktor terbentuknya masyarakat perantauan Sulit Air yang menjadi salah satu organisasi perantauan Minangkabau terbesar yaitu SAS (Sulit Air Sepakat) cabangnya sudah ada di beberapa negara besar seperti di Australia, Amerika dan lainnya.


Lalu bagaimana dengan masyarakat yang tinggal di selingkaran pemandangan ini? Tanahanya subur, pemandangannya indah, beragam jenis tanaman tumbuh dengan baik. Pertanian menjadi mata pencaharian utama masyarakat, seperti kopi, bawang, cabe dan banyak jenis sayuran.

Jadi ingat sindiran seorang dosen ketika di kelas dulunya “bagaimana kayanya masyarakat disekitar sini dan tidak memerlukan sekolah tinggi-tinggi kalau hanya untuk sekedar kaya harta.”

Ah kaya harta apalah gunanya jika tidak dibarengi dengan kaya fikiran, hati dan budi pekerti. Keindahan dan anugerah alam ini tidak akan membuat kita terlena bila kita belajar dari alam “Alam Takambang Jadi Guru”, karena sejatinya ini hanyalah titipan sementara, jika tidak dikelola dengan baik akan menjadi ujian dan cobaan tapi bila di syukuri dan dimanfaatkan akan menjadi nikmat dan amal yang mengalir terus menerus.

Selamat berakhir minggu, mari kita jalan-jalan sambil belajar sejarah di sekitar kita….

You Might Also Like

0 comments

FOLLOW ME IN

Twitter Facebook Instagram

Advertise

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!